Kamis, 21 September 2023

pengelamatan memori

1.Pengertian pengelamatan memori :
Pengalamatan memory adalah penempatan alamat pada ruang memory pada suatu sistem komputer. Mode pengalamatan memori meliputi direct addressing, indirect addressing, dan immediate addressing.

2.fungsi biner pada pengelamatan memori:
Sakelar yang mengendalikan sinyal listrik adalah sirkuit yang digunakan oleh sirkuit komputer sebagai penanda ‘aktif’ dan ‘mati’ adalah satu-satunya dua kondisi yang diperlukan oleh sakelar ini. Ini berarti bahwa hanya dua angka, yaitu 0 dan 1, yang diperlukan oleh switch untuk mewakili setiap status.
Dengan bantuan sakelar, angka dapat disandikan ke dalam format biner. Kemudian, nilai disimpan dalam format biner pada memori

3.fungsi hexadesimal:
Bilangan heksadesimal merupakan bilangan yang memiliki 16 basis. Bilangan heksadesimal sering digunakan untuk memberi kode warna di dunia komputer, misalnya warna putih akan diberi kode warna #FFFFFF sedangkan warna warna hitam akan diberi kode warna #000000.
4.apa itu hexadesimal dan simbol/angkanya:
Kata heksadesimal adalah kombinasi dari heksa yang artinya 6 dan desimal yang artinya 10. Biner adalah basis-2, oktal adalah basis-8, dan desimal, tentu saja, basis-10. Nilai heksadesimal kadang-kadang ditulis dengan awalan 0x (0x2F7) atau dengan subscript (2F716), tetapi tidak mengubah nilainya.
5.cara konfersi biner ke desimal:
Cara mengkonversi bilangan biner ke desimal adalah dengan mengalikan satu-satu bilangan dengan 16 (basis hexa) pangkat 0 atau 1 atau 2 dst dimulai dari bilangan paling kanan. Kemudian hasilnya dijumlahkan. Misal, 79AF(hexa) = (Fx20) + (9x21) + (Ax22) = 15+144+2560+28672 = 31391(desimal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tari kreasi nusantara

1.pernahkah anda mendengar kata tari nusantara? jawab:pernah 2.pernahkah anda melihat atau menyaksikan tari nusantara? jawab:pernah 1.Silahk...