Minggu, 28 Januari 2024

peninggalan sejarah islam di indonesia

Peninggalan sejarah islam di indonesia

1.Masjid cirebon:
Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau Masjid Agung Kasepuhan ini merupakan yang tertua di Cirebon. Dibangun tahun 1480 atas perintah Sunan Gunung Jati dan diarsiteki oleh Sunan Kalijaga. Konon melibatkan sekitar 500 orang dalam pembangunan Masjid ini. Lokasinya di alun-alun kasepuhan cirebon.Konon, masjid ini adalah masjid tertua di Cirebon, yaitu dibangun sekitar tahun 1480 Masehi atau semasa dengan Wali Songo menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Nama masjid ini diambil dari kata "sang" yang bermakna keagungan, "cipta" yang berarti dibangun, dan "rasa" yang berarti digunakan.Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon merupakan buah tangan dari Sunan Gunung Jati sebagai bentuk penyebaran agama islam di Nusantara, masjid ini bagi orang Cirebon disebut Masjid Pakungwati yang kemudian sekarang lebih dikenal menjadi Masjid Kasepuhan.



2.masjid banten:
Masjid Agung Banten didirikan pada 1566 M ketika Maulana Hasanuddin menjabat sebagai Sultan Banten pertama pada 1552-1570. Inilah warisan kesultanan Banten yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Sebagaimana masjid-masjid lain di Nusantara, Masjid Agung Banten berdenah segi empat dengan rancang bangun yang unik.Menara masjid Agung dibangun pada abad ke 16 atau sekitar tahun 1560. Tujuan dibangunnya menara ini yaitu sebagai tempat untuk mengumandangkan adzan serta tempat untuk memantau keadaan di teluk banten.Masjid Agung Banten didirikan pada 1566 M ketika Maulana Hasanuddin menjabat sebagai Sultan Banten pertama pada 1552-1570. Inilah warisan kesultanan Banten yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Sebagaimana masjid-masjid lain di Nusantara, Masjid Agung Banten berdenah segi empat dengan rancang bangun yang unik



3.masjid kudus:
Masjid Menara Kudus merupakan salah satu masjid tua di Pulau Jawa yang menjadi saksi sejarah terjadinya akulturasi antara kebudayaan Jawa, Hindu, dan Islam. Masjid yang dibangun oleh Ja'far Sodiq atau lebih dikenal sebagai Sunan Kudus pada tahun 956 H tersebut berbentuk unik. Bentuk menaranya mirip candi.Sunan Kudus merupakan salah satu dari Walisongo yang mempelopori dakwah Islam di Pulau Jawa. Beliau lahir di Al-Quds, Palestina sekitar tahun 1500-an Masehi. Nama Masjid Al-Quds (yang kemudian diucapkan sebagai Kudus) sengaja dipilih untuk mengobati kerinduan Sunan Kudus terhadap tanah kelahirannya.
Masjid Menara Kudus merupakan salah satu masjid tua yang berada di Pulau Jawa. Masjid yang berada di Jawa Tengah ini disebut sebagai Masjid Menara Kudus lantaran memiliki menara unik yang didesain seperti bangunan candi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tari kreasi nusantara

1.pernahkah anda mendengar kata tari nusantara? jawab:pernah 2.pernahkah anda melihat atau menyaksikan tari nusantara? jawab:pernah 1.Silahk...